Kamis, 04 Desember 2014

Transmisi Otomatis

URAIAN

Transmisi  otomatis  ( A / T ) adalah kopling dan transmisi yang bekerja secara otomatis dan terdiri dari 3 bagian utama  .

v  Torque Conventer
v  Planetary Gear Unit
v  Hydraulic Control Unit





TRANSMISI OTOMATIS UNTUK KENDARAAN TIPE FR





TRANSMISI OTOMATIS UNTUK KENDARAAN TIPE FF

2       TORQUE CONVENTER

Torque conventor  berfungsi sebagai  kopling otomatis  .  Disamping  itu juga berfungsi  untuk memperbesar momen  mesin .   Seperti pada gambar  dibawah , Torque conventor terdiri dari pump impeller , turbine runner dan stator .  Stator  terletak  diantara  impeller  dan turbin  .  Torque  conventor  diisi dengan ATF ( automatic Transmission Fluid )  dan momen mesin dipindahkan adanya aliran fluida .



PERPINDAHAN MOMEN
Mesin à pompa impeler à turbin runner à transmission  

Stator  dibuat untuk memindahkan momen mesin  lebih efisien .





3     RODA GIGI  PLANETARY

Roda gigi planetary  ( planetary gear ) menerima tenaga gerak dari turbin  runner  di dalam torque  conventer dan berfungsi sebagai pembantu transmisi .   Seperti diperlihatkan   pada gambar dibawah  , roda gigi planetary  terdiri dari tiga roda gigi ( ring gear ) , pinion gear dan sun gear )  dan planetary  carrier  .  Roda – roda gigi input , output  dan stationary dibuat untuk  memindahkan  dan membalikkan  momen mesin.  Umumnya dua pasang  roda gigi planetary  digunakan untuk tipe kendaraan  dengan transmisi   otomatis tiga  kecepatan dan tiga pasang  roda gigi planetary digunakan pada tipe  kendaraan  transmisi otomatis dengan keempat kecepatan   .



4     SISTEM PENGONTROL HIDRAULIS


Sistem pengontrol hidraulis ( hydralic Control System )  direncanakan  untuk memindahkan secara otomatis  dan menghubungkan roda – roda gigi input , output dan stationary dari roda gigi planetary dan planetaryu carrier  sesuai dengan kondisi jalannya kendaraan   ( kecepatan kendaraan , membukanya throttle  , beban dan lain – lainnya ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar