URAIAN
Transmisi otomatis
( A / T ) adalah kopling dan transmisi yang bekerja secara otomatis dan
terdiri dari 3 bagian utama .
v Torque
Conventer
v Planetary
Gear Unit
v Hydraulic
Control Unit
TRANSMISI OTOMATIS UNTUK KENDARAAN
TIPE FR
TRANSMISI OTOMATIS UNTUK KENDARAAN
TIPE FF
2 TORQUE CONVENTER
Torque conventor berfungsi sebagai kopling otomatis .
Disamping itu juga berfungsi untuk memperbesar momen mesin .
Seperti pada gambar dibawah ,
Torque conventor terdiri dari pump impeller , turbine runner dan stator . Stator
terletak diantara impeller
dan turbin . Torque
conventor diisi dengan ATF (
automatic Transmission Fluid ) dan momen
mesin dipindahkan adanya aliran fluida .
PERPINDAHAN
MOMEN
Mesin à pompa impeler à turbin runner à transmission
Stator dibuat untuk memindahkan momen mesin lebih efisien .
3 RODA GIGI
PLANETARY
Roda
gigi planetary ( planetary gear )
menerima tenaga gerak dari turbin
runner di dalam torque conventer dan berfungsi sebagai pembantu
transmisi . Seperti diperlihatkan pada gambar dibawah , roda gigi planetary terdiri dari tiga roda gigi ( ring gear ) ,
pinion gear dan sun gear ) dan planetary carrier
. Roda – roda gigi input ,
output dan stationary dibuat untuk memindahkan
dan membalikkan momen mesin. Umumnya dua pasang roda gigi planetary digunakan untuk tipe kendaraan dengan transmisi otomatis tiga kecepatan dan tiga pasang roda gigi planetary digunakan pada tipe kendaraan
transmisi otomatis dengan keempat kecepatan .
4
SISTEM PENGONTROL HIDRAULIS
Sistem
pengontrol hidraulis ( hydralic Control System ) direncanakan
untuk memindahkan secara otomatis
dan menghubungkan roda – roda gigi input , output dan stationary dari
roda gigi planetary dan planetaryu carrier
sesuai dengan kondisi jalannya kendaraan ( kecepatan kendaraan , membukanya
throttle , beban dan lain – lainnya )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar